Posted by : Mayra Rabu, 05 Maret 2014

Persaingan industri game di tahun 2013 yang lalu memang bukan perkara yang bisa dipandang sebelah mata. Kita tidak hanya membicarakan pertempuran terbuka antara dua platform next-gen yang baru – Playstation 4 dan Xbox One yang dirilis dengan beda waktu hanya satu minggu, tetapi keseluruhan tahun 2013 yang menawarkan begitu banyak game keren, dengan begitu banyak pesona. Seri reboot yang berhasil di pasaran, seri terbaru dari franchise raksasa, hingga beberapa IP baru yang berhasil lahir sebagai sebuah tren baru. Dengan game-game sekelas ini, tidak berlebihan rasanya untuk menyebut bahwa tahun 2013 menjadi salah satu tahun termanis di industri game. Namun siapa yang berhasil tampil sebagai yang terbaik, terutama di pasar Amerika Serikat? NPD punya jawabannya.
Lembaga riset konsumen – NPD merangkum kinerja industri game selama tahun 2013 di Amerika Serikat, yang notabene merupakan salah satu pasar terbesar video game itu sendiri. Hasilnya? Terlepas dari tren next-gen yang lahir di tiga bulan terakhir tahun, perangkat keras paling populer justru jatuh ke tangan handheld andalan Nintendo – 3DS. Tren yang positif juga tercermin dari performa penjualan Xbox One dan Xbox 360 milik Microsoft yang terus meraih popularitas. Lantas bagaimana dengan sisi perangkat lunak sendiri? Inilah 10 game paling laris di Amerika Serikat selama tahun 2013:


10. Disney Infinity

disney infinity1

9. Minecraft (Xbox 360 Version)

minecraft

8. Just Dance 2014

just dance 2014

7. Call of Duty: Black Ops II

Call of Duty - Black Ops 2 (42)

6. NBA 2K14

NBA 2K14 Raw

5. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Yang kami rindukan dari seri ini? Kapak!

4. Battlefield 4

Battlefield-4-single-player-30-600x337

3. Madden NFL 25

madden nfl

2. Call of Duty: Ghosts

Call of Duty - Ghosts (174)

1. Grand Theft Auto V

GTA V (259)
Dengan penjualan melebih USD 1 Milyar dalam waktu hanya tiga hari sejak rilis, tidak mengherankan jika GTA V menempati posisi teratas. Chart ini juga sekaligus menjadi bukti yang valid bahwa klaim yang sempat menyatakan bagaimana Call of Duty mulai kehilangan popularitas adalah salah besar. Tidak tanggung-tanggung, dua seri dari franchise FPS ini berhasil menempati posisi 10 besar yang terlaris di tahun 2013. Sayangnya, NPD sendiri tidak memberikan data jelas berapa banyak kopi yang terjual untuk masing-masing game tersebut.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak game dari list di atas yang sudah Anda mainkan?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © May's Blog -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan